QRIS Metode Pembayaran yang Jadi Favorit Milenial

Sepanjang tahun 2020 banyak sekali inovasi dan teknologi digital yang hadir untuk mendukung kehidupan dan berbagai aktivitas masyarakat. Mulai dari aktivitas kerja, belajar, hingga transaksi berbelanja secara digital.

Meskipun pandemi membawa dampak dan kerugian besar di setiap lini kehidupan, tapi berkat inovasi dan teknologi itu berbagai kegiatan masyarakat dapat menjadi lebih mudah, praktis, dan aman. Salah satu inovasi yang berjalan di tahun 2020 dan memberikan dampak positif bagi masyarakat adalah QRIS.

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Diresmikan pada 17 Agustus 2019, implementasi QRIS baru efektif berjalan mulai 1 Januari 2020.

Sebelum terstandarisasi dengan QRIS, aplikasi pembayaran hanya dapat melakukan pembayaran pada merchant yang memiliki akun dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang sama karena QR code yang digunakan tidak terstandarisasi. Setelah implementasi QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari PJSP apapun dapat melakukan pembayaran menggunakan QR code di seluruh merchant meskipun PJSP yang digunakan berbeda. 

Penerapan QRIS memudahkan merchant dalam menerima pembayaran dari aplikasi apapun hanya dengan membuka akun pada salah satu PJSP penyelenggara QRIS. Seluruh akun yang dimilikinya dapat menerima pembayaran hanya dengan satu QR code QRIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *