Penyebab Pembiayaan ke Sektor Pertanian Rendah

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan sulitnya akses pembiayaan bagi pelaku usaha di bidang pertanian disebabkan ketidakpastian pendapatan. Sehingga dikhawatirkan terjadi kredit macet atau gagal bayar.

“Selama ini bank tidak mau biayai on farm-nya karena pasti marketnya ini tidak sanggup membayar,” kata Teten di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Maka perlu ada penghela pembiayaan agar para petani bisa mendapatkan permodalan. Salah satunya dengan menghidupkan kembali koperasi sebagai penyalur pembiayaan kepada petani.

Sehingga pembiayaan dari perbankan atau instansi lainnya bisa melalui koperasi sebagai penghela pembiayaan.

“Harus ada pembiayaan buat penghela ekonomi, ini harus ada, ini bisa jadi penghela, karena bisa menyerap dari petani,” kata dia.

Keberadaan penghela ekonomi atau koperasi bisa menyempurnakan rantai pasok perdagangan. Sehingga pembiaya bisa masuk dan memberikan pembiayaan. Namun saat ini peran penghela ekonomi ini masih belum ada.

“Para penghela ini belum ada, kalau KUR ini kan masih tinggi juga, paling tinggi 500 juta untuk 10 hektar. Koperasi petani dikasih 500 juta buat satu petak juga enggak cukup untuk membeli produk,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *