Pertashop , Peluang Baru Bisnis Pom Bensin

Jika anda berminat berbisnis, SPBU Pertashop atau pom bensin mini bisa jadi salah satu pilihan. Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka Pertashop ini mulai dari Rp 80 juta.

SPBU Pertashop ini biaya investasinya akan dilakukan oleh pertamina, mitra hanya harus mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasional.

Terdiri Dari Dua Skema

Untuk skema pertama (DODO), mitra perlu menyiapkan modal Rp 250 juta untuk investasi awal dan biaya operasional. Lalu, bila memilih skema kedua atau CODO, mitra cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 80 juta.

Tiga Kategori

Pertashop memiliki tiga kategori yakni Gold, Platinum dan Diamond. Sebagai gambaran, bila memilih SPBU Pertashop jenis Gold maka luas tanah minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter. Bila memilih kategori Gold ini, mitra akan mendapat tangki penyimpanan berkapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya. Sedangkan, jenis Platinum, dilengkapi tangki berkapasitas 10 KL dengan omzet rekomendasi sebesar 1.000 liter per harinya. Sementara jenis Diamond memiliki tangki timbun 10 KL, dengan omzet rekomendasi sebesar 3.000 liter per hari.

Ketiga-tiga jenis SPBU Pertashop tersebut dapat menjual produk-produk Pertamina mulai dari Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, hingga pelumas.

Pertashop merupakan penyalur BBM legal di perdesaan

Pembangunan Pertashop atau mini outlet SPBU yang secara resmi dikelola Pertamina itu dikhususnya untuk kawasan pedesaan. Khusus di Jawa Tengah dan DIY, sampai November 2020 sudah beroperasi hingga 70 Pertashop. Di antaranya sebanyak 62 desa di Jawa Tengah dan 8 desa di DIY.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri,  menyatakan Pertashop merupakan satu-satunya lembaga penyalur resmi bahan bakar di desa yang dikelola Pertamina.

“Selain telah memenuhi aspek legalitas usaha, Pertashop juga dipastikan memenuhi aspek keselamatan kerja, sehingga sangat aman untuk dioperasikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Pertamina mengusung program OVOO untuk perluasan Pertashop

Kehadiran Pertashop di tengah desa juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat karena mendekatkan sumber penyaluran energi yang aman dan berkualitas bagi masyarakat.

“Ini merupakan komitmen Pertamina dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami berharap jumlah Pertashop akan semakin bertambah, utamanya di desa-desa yang belum terjangkau SPBU,” tuturnya.

Pengusaha punya kesempatan untuk berinvestasi mendirikan Pertashop

Pertamina sendiri sebelumnya telah mengusung program One Village One Outlet (OVOO) atau satu desa/kecamatan tersedia satu outlet Pertashop. 

“Selain pemerintah daerah, sama halnya seperti SPBU, para pengusaha juga memiliki peluang untuk berinvestasi sebagai lembaga penyalur BBM kepada masyarakat. Namun, kali ini dalam skala kecil berupa mini SPBU yang harganya relatif lebih rendah,” terang Marthia.

Pendaftaran

Bagi Anda yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop bisa mengikuti prosedur pendaftaran online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop. Calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol ‘Daftar Sekarang’. Sebelum masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk memberi centang pada peryataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.