Peluang dan Ide Bisnis (6)

26. Berjualan Minuman Kesehatan

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Saat ini tren hidup sehat mulai berkembang di masyarakat. Tidak hanya sekedar berolahraga rutin, pola konsumsi makanan pun sangat diperhatikan. 

Peluang usaha inilah yang ditangkap oleh Nova Budi Setiabudi ketika mendirikan bisnis minuman kesehatan. Melalui websiteSuweOraJamu ia terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya minum jamu yang berbahan natural. 

Menurut Nova, bisnisnya tiap tahun tumbuh hingga 20%. Dengan ditunjang kehadiran Cafe Jamu, omzetnya mencapai Rp90 juta/bulan

Masyarakat Indonesia memang masih memiliki keterikatan dengan jamu sebagai minuman kesehatan. Bahkan, pada zaman modern seperti saat ini masih banyak konsumen yang menginginkan konsumsi makanan yang tidak hanya enak namun juga sehat. 

Artinya, Anda pun bisa terjun ke bisnis ini jika memiliki keahlian dalam meracik minuman kesehatan lainnya. Pemasarannya bisa Anda lakukan secara offline maupun online. 

27. Bisnis Menjahit Pakaian

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil

Ingin membangun bisnis rumahan dari keahlian menjahit? Anda bisa melakukannya. 

Saat ini bisnis fashion di Indonesia memang sedang positif. Bahkan, nilai ekspor bisnis ini tahun lalu mencapai Rp122 triliun! Ini menjadikannya salah satu peluang usaha terbaik di tahun 2020. 

Berbekal keahlian Anda menjahit dan kejelian memilih bahan terbaik, Anda bisa membuat beragam produk fashion yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contohnya adalah bisnis busana muslim. 

Bahkan, Anda bisa secara spesifik memproduksi hijab seperti yang dilakukan Atina Maulina. Ia membangun Vanilla Hijab tanpa modal sepeserpun karena menerapkan sistem pre order. 

Faktanya, seiring perjalanan bisnisnya, saat ini ia bisa mendapatkan omzet hingga Rp.500 juta/bulan. Ini berkat pemasaran unik yang ia lakukan secara online, baik melalui website maupun Instagram.

28. Pet Shop

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bagi pecinta hewan, membuka bisnis Pet Shop bisa jadi peluang usaha yang menggiurkan. 

Salah satu pebisnis yang sukses di bisnis ini adalah Lely H Musar. Ia membuka petshop dengan modal awal Rp10 juta dan kini mampu menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah per bulan. 

Anda tak harus memulai dengan jumlah tersebut untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris. Anda bisa saja mulai fokus dengan jasa grooming (perawatan) hewan peliharaan dulu. Jika sudah ada keuntungan, bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dijual di toko Anda. 

Potensi pasarnya masih terbuka. Sebab, kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan hewan peliharaan kian meningkat. Apalagi saat ini sudah banyak komunitas pecinta hewan seperti Jakarta Dog Lover dan Meow Holic.

Anda bisa memasarkan usaha Pet Shop Anda secara online, baik melalui website seperti petshopindonesia.com, atau media sosial. 

29. Usaha Sewa Pakaian

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Beberapa event seperti peringatan Hari Kartini kerap mewajibkan dresscode berupa busana daerah. Ini bisa jadi peluang usaha baru yang menarik. Sebab, sebagian besar orang selalu bingung bagaimana mendapatkan baju daerah yang pas. 

Anda bisa mengambil contoh Tia Amalia. Ia melihat peluang ini ketika membangun bisnis sewa pakaian onlinesewaajah.com. Melalui websitenya, pengunjung bisa memilih busana daerah yang diinginkan dan menyewanya secara online. 

Penting untuk diingat bahwa potensi bisnis ini masih sangat besar. Anda bisa berkreasi dengan jenis bisnis sewa pakaian yang lain. Kuncinya, melihat peluang pasar yang baik sesuai tren yang berkembang saat ini. 

Tiap bulannya, bisnis ini menjanjikan omzet puluhan juta rupiah. Terutama di event besar, omzet tersebut bisa naik hingga tiga kali lipat

30. Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Semakin banyak orang menyukai kegiatan mendaki gunung. Selain untuk menikmati waktu bersama teman, sekaligus bisa mendapatkan foto-foto yang instagramable

Ini merupakan peluang bisnis yang menarik. Bisnis persewaan alat mendaki masih cukup potensial. 

Buktinya, Dwi Widyastuti mengaku meraup omzet Rp5-6 juta per bulan dari bisnis bernama Avaya Outdoor yang ia bangun. Awalnya ia merintis bisnis ini karena pengalaman pribadi saat sulit menemukan alat mendaki yang ia butuhkan. 

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda bisa melihat potensi pasarnya dulu. Apakah Anda ingin membangun usaha sewa berbagai alat yang lengkap, atau khusus untuk satu jenis perlengkapan saja, misalnya tenda kemping seperti yang dilakukan tendakemping.com.

31. Bisnis Cuci Sepatu

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mencuci sepatunya sendiri. Namun, bukan berarti bisnis cuci sepatu tidak bisa menjadi peluang usaha yang baik.

Dengan modal Rp100 ribu saja, bisnis ini bisa mendatangkan omzet hingga 500 juta rupiah per bulannya. Ya, Anda tidak salah dengar. Cerita ini berasal dari Refaldy Fauzi, sosok di balik Sneaklin.

Berawal dari tugas kuliah, ia menemukan ide jasa cuci sepatu. Tidak disangka tanggapan konsumen cukup baik. Kemudian bisnis tersebut semakin berkembang, dan berubah menjadi premium shoes laundry.

Kesuksesan bisnis Refaldy tersebut didukung dengan keseriusannya terjun di bisnis online melalui websitenya. Tren ini mulai banyak muncul seperti kehadiran iShoeLaundry. Namun, potensi bisnis ini sendiri masih cukup terbuka lebar. 

32. Bisnis Mainan Anak

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda tentu tidak akan percaya bahwa menjual mainan saja bisa mendatangkan omzet miliaran rupiah.

Faktanya, inilah yang terjadi pada Fahrudin ketika meninggalkan pekerjaannya sebagai cleaning service dan membangun bisnis online, Juragan Mainan. 

Keputusan tersebut bukanlah keputusan nekat. Selain belajar melihat potensi bisnisnya, Fahrudin sempat mendatangi beberapa dinas untuk mendapatkan data dari bisnis yang akan digarapnya. 

Jika Anda mendapatkan ide untuk memulai bisnis mainan, Anda bisa memulainya sekarang. Pelajari target pasar Anda dan dapatkan data dari berbagai sumber tentang potensi bisnis tersebut. 

Ingat, Anda bisa memulai bisnis sesuai modal yang Anda miliki. Lalu, berkembang seiring laba yang Anda dapatkan. Sebab, bisnis ini tidak menuntut Anda langsung memiliki toko fisik. 

Anda bisa memulainya secara online seperti ditunjukkan Fahrudin atau beberapa toko lain seperti tokomainanonline.com.

33. Sewa Perlengkapan Bayi

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Setiap orang tua pasti akan memberikan yang terbaik bagi perkembangan buah hatinya. Salah satunya dengan menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan. Namun, kadang masa pakainya terlalu singkat, sehingga beberapa orang tua lebih memilih menyewanya.

Peluang usaha ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Membuka usaha sewa perlengkapan bayi. 

Meilisa Nurindah bisa menjadi contoh untuk bisnis ini. Dengan modal awal sebesar Rp.10 juta, ibu rumah tangga ini berhasil membangun bisnis yang omzetnya saat ini mencapai Rp7 juta per bulan.

Tentu memiliki modal awal yang besar bisa membantu untuk menambah jumlah koleksi yang Anda miliki. Namun, tidak selalu demikian. Anda bisa memulai dengan beberapa perlengkapan bayi yang paling dibutuhkan terlebih dahulu seperti stroller. 

Tidak hanya itu, jika Anda bisa memulainya dari rumah, tentu Anda tak perlu menyewa toko untuk menyimpan perlengkapan bayi yang Anda miliki. 

Anda juga bisa memasarkannya secara online melalui website Anda seperti yang dilakukan sewaperalatanbayi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *