Peluang dan Ide Bisnis (5)

21. Usaha Food Truck

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Di Indonesia, bisnis food truck mungkin belum terlalu populer. Model bisnis ini memang berasal dari luar negeri yang awalnya dikenal untuk berjualan es krim. 

Namun, saat ini sudah mulai banyak orang yang menjajal bisnis food truck ini. Jenis usahanya belumlah beragam, masih seputar makanan dan minuman cepat saji. Mulai dari sosis bakar, takoyaki hingga aneka juice. Jadi, Anda masih bisa menemukan peluang usaha yang lain. 

Alih-alih menggunakan modal Anda untuk menyewa ruko, Anda bisa memanfaatkannya untuk merombak kendaraan Anda menjadi sebuah food truck. 

Kemudian, Anda bisa mulai menjalankan bisnis dengan menggunakan promosi yang gencar melalui media sosial atau website pribadi. Anda juga bisa bergabung ke dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia) untuk memperbanyak relasi.  

Omzet bisnis ini cukup lumayan. Heri Poerjanto Noegroho asal Semarang mengaku mengantongi Rp6-7 juta dari bisnis ini. 

22. Menjadi Penulis Online

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Kegemaran Anda menulis bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa menjadi seorang penulis online. Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah dan bahkan tanpa modal sekalipun.

Anda bisa memilih menjadi penulis online secara paruh waktu ataupun full time. Beberapa platform yang bisa membantu Anda mendapatkan project adalah Sribulancer dan Upwork.

Namun, Anda juga bisa menjajal platform seperti Wattpad jika mahir menulis cerita fiksi. 

Itulah langkah yang diambil Erisca Febriani ketika menulis novel berjudul “Dear Nathan”. Tak hanya disukai banyak orang, novel tersebut pun sudah diangkat ke layar lebar. 

Apapun bidang keahlian menulis Anda, menjadi penulis online masih sangat menjanjikan untuk tahun 2020. 

23. Bisnis Tour Wisata

Tipe: Bisnis: Reguler/Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bagi Anda yang hobi traveling seperti Ricky Surya, pemilik bisnis tour online LetsGetLostID, menjajal peruntungan di bisnis tur wisata menjanjikan keuntungan yang cukup besar. 

Saat itu Ricky memulai bisnisnya secara online bermodalkan sebuah laptop. Ia menawarkan paket tur destinasi Indonesia untuk wisatawan luar negeri melalui websitenya. omzet yang dihasilkan saat itu mencapai Rp60 juta/bulan.

Anda juga bisa memulai bisnis Anda sendiri dengan paket wisata yang unik.

Faktanya, potensi bisnis wisata masih besar hingga Rp4 triliun/tahun. Apalagi saat ini pemerintah terus menggenjot pembangunan wisata baik infrastruktur transportasi maupun objek wisata. 

24. Berjualan Ebook

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Peran buku sebagai sumber informasi, perlahan mulai digantikan oleh eBook (buku elektronik). Salah satu alasannya adalah kemudahan konsumen untuk membacanya kapan saja melalui berbagai media seperti ponsel atau tablet.

Jika Anda memiliki keahlian di salah satu bidang, Anda cukup merangkumnya dalam sebuah buku. Proses pembuatannya relatif mudah. Setelah selesai proses pengetikan, Anda cukup menyimpannya dalam bentuk digital (PDF). 

Anda bisa memasarkannya melalui website Anda sendiri atau bekerjasama dengan toko buku online yang sudah banyak tersedia. 

Hasil penjualannya mungkin tidak langsung luar biasa seperti Darren Rowse yang menghasilkan 756 juta rupiah dalam seminggu dari satu ebook. Namun, potensinya masih sangat besar. 

25. Bisnis Laundry

Tipe: Bisnis: Rumahan
Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda tentu tidak heran bisnis laundry ada pada daftar kami, bukan? Kenyataannya, bisnis jasa cuci ini memang masih menjanjikan.

Andry Tri Kurniadi adalah contoh pelaku bisnis laundry sukses dengan omzet hingga Rp300 juta/bulan. Awal bisnisnya didasari pemikiran bahwa “kuantitas mencuci baju yang lebih sering dari membeli baju”. Maka, dia mengurungkan niat awal berjualan baju. 

Untuk sebuah usaha laundry, modal awal yang dibutuhkan tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan Anda bangun. Bahkan, Anda pun bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. 

Jika ingin mengembangkan bisnis tersebut, pemanfaatan teknologi juga bisa Anda lakukan. Tujuannya, selain menjangkau lebih banyak orang juga memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen Anda. Salah satu contohnya adalahKliknKlin yang menyediakan jasa laundry melalui aplikasi Android, iOS, dan web app.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *